Mahasiswa KKN UM Melakukan Upgrading terhadap Sistem Informasi Desa (SID) Gondosuli

 

Tulungagung. Keluarga besar KKN desa Gondosuli melalukan upgrading terhadap Sistem Informasi Desa (SID) Gondosuli guna meningkatkan excellent service di tengah pandemi ini. SID sendiri merupakan aplikasi yang digunakan untuk membantu kinerja pemerintah desa sehingga dapat lebih efektif dan efisien dalam pengelolaan administrasi dan data desa. Kepala Desa Gondosuli yaitu bapak Daruno berharap bahwa dengan adanya SID ini warga bisa melakukan pengurusan surat secara online sehingga lebih efektif dan efisien, Senin (15/6).

Proses upgrading yang dilakukan oleh mahasiswa KKN UM desa Gondosuli ini diawali dengan pembekalan mengenai SID besama salah satu tim developer SID dan perwakilan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa. Selanjutnya adalah proses validasi dan meng-input data, pada proses ini terhitung sejak tanggal 26 Juni 2020 sampai dengan 29 Juni 2020. Setelah input data selesai tahap selanjutnya adalah pembuatan password tiap RT. Adanya password tiap RT ini berfungsi agar dalam proses pengajuan permohonan surat warga tidak perlu lagi datang ke desa melainkan bisa melakukan pengajuan melalui SID. Tahap selanjutnya adalah melakukan pelatihan kepada admin desa. Dan tahap yang terakhir adalah melalukan sosialisasi serta launching SID yang dilakukan pada tanggal 2 Juli 2020 dan dihadiri oleh Kepala Dinas Pemberdaayan Masyarakat Desa Kabupaten Tulungagung, Kepala Desa Gondosuli beserta perangkat dan Ketua RT&RW.

Harapan dari bapak Eko Asistono selaku Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Tulungagung adalah dengan adanya SID ini warga desa gondosuli bisa lebih kompak lagi untuk membangun desa Gondosuli, Kamis (2/7). Ricky Herlambang selaku Koordinator Desa KKN Gondosuli juga berharap bahwa dengan adanya upgrading terhadap SID ini kedepannya desa Gondosuli ini bisa lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Desa Gondosuli dan menjadi contoh yang baik  untuk desa-desa lainnya dalam segi pelayanan terhadap masyarakat, Sabtu (6/7)

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?