Bantu Perangkat Desa, Mahasiswa KKN UM Melakukan Penjagaan Posko Karantina Di Desa Gondosuli

Dalam rangka ikut berpartisipasi untuk melakukan pencegahan terhadap penularan virus corona, Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Malang (UM) pada tahun ini sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Kali ini Univesitas Negeri Malang mengangkat tema “KKN Edisi Covid-19”. KKN UM dengan edisi covid-19 ini didalamnya terdapat beberapa  program kerja yang dapat diguanakan sebagai upaya membantu pihak desa untuk mencegah penyebaran virus corona. Salah satu program kerja tersebut adalah penjagaan posko karantina yang dilakukan oleh sekelompok mahasasiwa KKN di Desa Gondosuli, Kecamatan Gondang, Kabutapen Tulungagung, Kamis (3/6).

Menurut Bapak Daruno, selaku Kades Desa Gondosoli, beliau sangat senang sekali karena dengan adanya program kerja ini, akan dapat membantu warga desa, khususnya para perangkat desa untuk memantau dan mengurus individu yang sedang dikarantina, sehingga menimbulkan keamanan dan kenyamanan terhadap warga, baik warga yang sedang dikarantina maupun warga sekitar.

Penjagaan posko karantina dilakukan setiap hari selama 30 hari oleh seluruh mahasiswa KKN Desa Gondosuli dan didampingi oleh beberapa warga desa. Jadwal jaga dibangi menjadi dua shift, yaitu shift pagi dan shift siang, yang masing-masing shift-nya beranggotakan tiga mahasiswa. Shift pagi, dimulai dari pukul 07.00-13.00 WIB. Sedangkan shift siang, dimulai pada pukul 13.00-19.00 WIB. Ada beberapa kegiatan yang dilakukan saat penjagaan posko, yaitu membersihkan posko, memesankan makanan, mengecek suhu, dan memberikan vitamin untuk orang yang sedang dikarantina. Saat menjaga posko, semua mahasiswa tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan, seperti memakai masker, jaga jarak, sering mencuci tangan atau memakai handsanitizer, dan menghindari kontak langsung dengan orang sekitar.

Menurut Ricky, selaku perwakilan mahasiswa KKN Desa Gondosuli, berharap agar dengan adanya sekelompok mahasiswa yang ber-KKN di Desa ini akan dapat membantu pihak desa untuk dapat mencegah penularan virus covid-19 yang sekarang sedang terjadi dan juga supaya Desa Gondosuli akan dapat lebih baik lagi dari sebelumnya, Kamis(11/18).

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?